Berita Politik

Telkom Indonesia
Rita Widyasari

Kenapa Rame Sekarang, Kemarin Kemana Saja...

Heboh Mie Samyang Ada Babinya

Ekbis  SENIN, 19 JUNI 2017 , 09:33:00 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Kenapa Rame Sekarang, Kemarin Kemana Saja...

Mie Samyang/Net

RMOL. Mayoritas masyarakat Indonesia adalah umat muslim. Sudah pasti urusan makanan yang mengandung zat yang diharamkan agama Islam jadi sangat krusial. Seharian kemarin, warganet dihebohkan oleh produk makanan yang sudah beredar luas, Mie Samyang, yang ternyata mengandung babi.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan produk mie asal Korea yang mengandung fragmen DNAbabi. Ada empat produk yakni Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).

Sebenarnya, produk ini sudah mendaftarkan diri ke BPOM untuk diberi nomer registrasi makanan. Dalam dokumen pendaftaran, importir produk ini mengatakan ada yang mengandung babi dan tidak. Namun, dari temuan di lapangan, ada produk yang beredar tanpa label 'Mengandung Babi' tapi setelah diuji di laboratorium, ternyata mengandung fragmen babi.

BPOM segera meminta produk yang mengandung babi tersebut ditarik dari pasar lewat surat nomor IN.08.04.532.06.17.2432. "Iya betul dan sebenarnya sudah melalui tahapan ya. Berdasarkan dokumen tersebut kami kasih registrasi berbeda, tapi ternyata setelah melakukan pengawasan market keliling titik-titik ditemukan produk tidak ditempel gambar babi, setelah diuji mengandung babi. Akhirnya saya menyuruh seluruh kepala balai untuk menariknya sendiri, tapi seharusnya importirnya yang menarik itu sendiri dengan peraturan yang ada," ungkap Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito kepada wartawan kemarin.

Penny meminta seluruh jajaran BPOM menarik produk mie tersebut. Sebab, masyarakat sudah resah dan harus dilindungi. "Saya minta produk itu ditarik dari peredaran, seluruh kepala balai di daerah dan aparat untuk turun. Nah, kebetulan kita sedang dalam kegiatan intensifikasi sidak operasi ke pasar terkait ramadhan dan Idul Fitri kan," paparnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengakui, produk ini tidak mendapatkan dan mengajukan sertifikasi halal. "Belum (berlabel MUI), Samyang ada beberapa importir dan rasajenis Samyang. Yang dirilis BPOM belum mendaftar sertifikasi halal juga," kata Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim. Dia menyayangkan, beredarnya makanan mengandung zat yang diharamkan itu. Semestinya, produk mie memberikan label babi jika mengandung fragmen babi. Sedangkan yang tidak, maka dalam kemasan diberikan label halal.

Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan mengapresiasi ketegasan BPOM. Apalagi sekarang umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa. Wakil Ketua Komisi IX, Saleh Partaonan Daulay menyatakan, jika tertera label mengandung babi, itu diperbolehkan. "Sebetulnya, kalau ada merek yang mengatakan bahwa mie-mie itu mengandung babi, tetap saja boleh dijual, tentu konsumennya adalah non-muslim. Tapi kalau tidak ada labelnya, ini menjadi masalah sebab bisa saja dibeli dan dikonsumsi orang Islam. Ada ketidakjujuran yang dilakukan oleh importirnya," jelas Saleh.

Menanggapi mie mengandung zat babi ini, warganet heboh. Di Twitter, sejumah netizen menyebarkan surat pemberitahuan BPOM. Akun @Maylajilbab turut menginformasikan. "Hati-hati ya Say... Mie instan asal Korea yang beredar di pasaran ini positif mengandung babi," kicaunya, senada @Dayat_Ardi6. "Mie samyang asal korea mengandung babi, informasikan ke teman kalian. Ini info resmi dari BPOM." Akun @Fikyuuu menyesal pernah makan mie itu. "Gue pernah makan mie samyang sekali gimana dong," kicaunya disambut @peoplemks. "Baru pertama kali nyicip samyang kemarin eh udah ada peringatan kalo tuh mie mengandung babi. Astagfirullah, nyesel nyoba walau dikit," cuitnya.

Sementara @larasatinuraini memberitahu, tak semua poduk Samyang mengandung babi. "Yang haram bukan samyang yang mie goreng pedes enak itu kok. Aman," cuit dia. Akun @staryntprl ikutan komentar. "Samyang mengandung babi.... Alhamdulillah ga pernah makan tuh mie wkwkwk."

Ada juga yang agak kesal. Misalnya akun @imonkdonkdonk. "Boomingnya udah beres, baru deh BPOM ngasih edaran kalau samyang mengandung b2. Kemarin kemana ajaaaaaaaaa," cuitnya. Akun @nurdiatiSN juga menanggapi. "Kenapa atuh ya pemerintah baru gini hari narik mie korea yang gak berlabel halal? Dari dulu kemana aja?," kicaunya. ***

Baper Meter
 Loading...
Suka
Suka
0%
Kocak
Kocak
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Tidak Peduli
Tidak Peduli
0%
Waspada
Waspada
0%
Takut
Takut
0%

Komentar Pembaca
Tender BBM Kerdilkan Pertamina

Tender BBM Kerdilkan Pertamina

, 16 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Tifatul Doakan Jokowi Gemuk

Tifatul Doakan Jokowi Gemuk

, 16 AGUSTUS 2017 , 17:00:00

Gladi Resik Sidang Tahunan

Gladi Resik Sidang Tahunan

, 15 AGUSTUS 2017 , 03:36:00

Workshop Tunas Integritas

Workshop Tunas Integritas

, 15 AGUSTUS 2017 , 02:22:00

Penyelamatan Di Laut

Penyelamatan Di Laut

, 15 AGUSTUS 2017 , 04:46:00